Industri Jasa Boga Dalam Usaha Catering
Menurut definisi Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 715/Menkes/SK/V/2003 jasa boga atau catering adalah perusahaan atau perorangan yang melakukan kegiatan pengelolaan makanan yang disajikan di luar tempat usaha atas dasar pesanan.
Menurut sumber Departemen Perindustrian dan Perdagangan usaha jasa boga adalah meliputi usaha penjualan makanan jadi (siap dikonsumsi) yang terselenggara melalui pesanan-pesanan untuk perayaan, pesta, seminar, rapat, paket perjalanan haji, angkutan umum dan sejenisnya.
Menurut sumber Departemen Perindustrian dan Perdagangan usaha jasa boga adalah meliputi usaha penjualan makanan jadi (siap dikonsumsi) yang terselenggara melalui pesanan-pesanan untuk perayaan, pesta, seminar, rapat, paket perjalanan haji, angkutan umum dan sejenisnya.
Dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 715/Menkes/SK/V/2003 industri jasa boga dapat diklasifikasikan menjadi 3 golongan utama yaitu :
* Golongan A (industri jasa boga skala kecil),
* Golongan B (industri jasa boga skala besar)
* Golongan C (industri jasa boga skala besar sekali)
* Golongan A (industri jasa boga skala kecil),
* Golongan B (industri jasa boga skala besar)
* Golongan C (industri jasa boga skala besar sekali)
Penjelasan Klasifikasi Industri Jasa Boga
Industri jasa boga kecil (golongan A) adalah industri jasa boga yang melayani kebutuhan masyarakat umum dengan skala relatif kecil. Industri jasa boga (golongan B) adalah jasa boga yang melayani kebutuhan khusus dalam skala besar. Industri jasa boga (golongan C) adalah jasa boga berskala sangat besar yang melayani kebutuhan alat angkutan umum internasional dan pesawat udara.
Pengelolaan Usaha Boga
Pengertian Usaha Boga
Usaha boga terdiri atas kata "usaha" dan "boga". usaha artinya salah satu kgiatan atau aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. sedangkan boga artinya kegiatan mengolah atau membuat dan menyajikan makanan dan minuman.jadi usaha boga adalah suatu kegiatan atau usaha untuk memberikan pelayanan makanan dan minuman untuk konsumen.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Jasa Boga
a) Individu
b) Hubungan Sosial
c) Tujuan Makan
Klasifikasi Usaha Boga
1. Restoran
Suatu usaha yang memberikan pelayanan berupa makanan dan minuman di tempat mewah.
2. Catering
Suatu usaha yang menerima dan menyediakan pesanan makanan dan minuman dalam jumlah besar.
3. Bakery
Suatu usaha boga yang menyediakan berbagai macam kue dan roti.
Suatu usaha yang memberikan pelayanan berupa makanan dan minuman di tempat mewah.
2. Catering
Suatu usaha yang menerima dan menyediakan pesanan makanan dan minuman dalam jumlah besar.
3. Bakery
Suatu usaha boga yang menyediakan berbagai macam kue dan roti.
Jenis-Jenis Produk Usaha Boga
1. Masakan
a) Masakan tradisional
b) Masakan asing
2. Makanan kecil/kue
a) Kue tradisional
b) Kue asing
3. Minuman
a) Panas
b) Dingin
c) Kemasan
4. Makanan Awet
a) Dimaniskan
b) Diasinkan
c) Dikeringkan
d) Diasap
Teknik Pengemasan Produk Tata Boga
a) Masakan tradisional
b) Masakan asing
2. Makanan kecil/kue
a) Kue tradisional
b) Kue asing
3. Minuman
a) Panas
b) Dingin
c) Kemasan
4. Makanan Awet
a) Dimaniskan
b) Diasinkan
c) Dikeringkan
d) Diasap
Teknik Pengemasan Produk Tata Boga
•Syarat-syarat kemasan yang baik untuk produk usaha boga :
1. Sebagai tempat/pembungkus
2. Memiliki daya tarik
3. Praktis
4. Menimbulkan harga diri
5. Ketetapan ukuran
6. Aman bagi kesehatan
7. Mencantumkan tanggal kadaluarsa,komposisi, depkes, MUI.
1. Sebagai tempat/pembungkus
2. Memiliki daya tarik
3. Praktis
4. Menimbulkan harga diri
5. Ketetapan ukuran
6. Aman bagi kesehatan
7. Mencantumkan tanggal kadaluarsa,komposisi, depkes, MUI.
Teknik Pemasaran Produk Usaha Boga
•Strategi pemasaran diawali dengan penentuan harga pasar, yakni masyarakat yang dituju. hal-hal yang berhubungan dengan pangsa pasar yaitu :
a) Anak sekolah
b) Karyawan pabrik
c) Masyarakat umum
2. Jenis makanan yang sedang digemari masyarakat, misalnya makanan cepat saji. Teknik pemasaran produk usaha boga, bertujuan untuk mencapai volume penjualan tertentu, mendapatkan laba tertentu dan menunjang pertumbuhan atau kelanjutan usaha.Beberapa cara untuk memasarkan produk usaha boga lain :
1. Promosi
2. Pameran
3. Penyebaran brosur
4. Melalui internet
5. Penjualan langsung
6. Penjualan tidak langsung
7. Jasa pengiriman
2. Pameran
3. Penyebaran brosur
4. Melalui internet
5. Penjualan langsung
6. Penjualan tidak langsung
7. Jasa pengiriman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar